Siswa Pamekasan Juara Matematika Internasional

02.35 / Diposting oleh Bb /

Siswa SMP Negeri 1 Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Alyssa Putri Mustika, berhasil mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional setelah menyabet tiga medali emas dan perak pada ajang International Young Mathematic Convention.

"Prestasi ini membanggakan. Ketekunan Alyssa dan dedikasi para guru membuahkan hasil maksimal," kata Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Pamekasan, Sulytiowati, Jumat (10/12).

Dalam ajang IYMC yang digelar selama tujuh hari, 1-7 Desember lalu, di India, Alyssa Putri Mustika menyabet dua medali emas untuk perseorangan dan beregu. Untuk beregu Alyssa Putri berpasangan dengan kakaknya sendiri Alyssa Diva Mustika. "Alyssa Putri juga meraih perak untuk kategori Mathematical Fair," ujar Sulistyowati.

Menurut dia, sebelum berangkat ke India, Alyssa Putri menjalani training di klinik Matematika di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selain ketekunan, kata dia, keberhasilan Alyssa tidak lepas dari program pembinaan di lingkungan sekolah. "Setiap hari siswa kita dibimbing belajar matematika dari jam 2 sampai 5 sore, guru unggulan kita datang untuk mengajar," terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan Akhmat Hidayat mengaku bangga dengan prestasi Alyssa. Menurut dia, sepanjang tahun 2010, selain Alyssa, dua siswa Pamekasan lainnya juga menorehkan prestasi international.

Mereka adalah Mohammad Salim Ghazali, santri Pondok Pesantren Al Mujtamak Pamekasan yang berhasil meraih pemenang pertama kategori hafalan Al-Quran 20 Juz tingkat Asia-Pasifik yang diselenggarakan oleh Sultan Ibnu Abdul Aziz Al Suud, Saudi Arabia.

Prestasi lain dicetak Mohammad Shohibul Maromi, siswa SMAN 1 Pamekasan yang meraih medali emas pada ajang olimpiade fisika internasional di Zegreb, Kroasia.

0 komentar:

Posting Komentar